Inilah Pengertian dari Santri Menurut Kh. Zuhri Zaini

Inilah Pengertian dari Santri Menurut KH. Zuhri Zaini

nuruljadid.net – Santri adalah orang yang hidupnya mulai dari berfikir, sikap dan bertindak selalu nyambung kepada Allah Swt.

Hal itulah yang pertama kali didawuhkan oleh Kh. Zuhri Zaini, Pengasuh Pondok Pesantren Nurul Jadid. Sebelum acara bedah kitab Ad-Darurus As-Saniyah berlangsung. kitab karangan Dr. Kh. Romzi Al amiri Mannan, Mudir Ma’had Aly Nurul Jadid.

Acara yang bertemakan “Menumbuhkan Karakter Keilmuan Santri” itu, sangat didukung oleh Pengasuh PP. Nurul Jadid. “Dengan adanya kegiatan, ini ciri khas pesantren insya allah bisa tetap bertahan, sebab memang pesantren itu sebagai lembaga pendidikan. itu mempunyai ciri khusus maka acara kegiatan ini mulai dari lomba sampai bedah kitab ini sesuai,”tutur beliau.

Beliau menambahkan, Ilmu itu ada yang datangnya langsung turun dari Allah Swt melalui Nabi dan kitabnya yaitu ilmu Syariat dan ilmu pengetahuan yang untuk menggali dan mengembangkannya, Allah Swt ‘menyerahkannya’ ke manusia yaitu Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK).

“Allah Swt memberikan cara kepada umat manusia untuk menggali Ilmu syariat berdasarkan wahyu, yaitu ilmu agama. Lain hal nya dengan IPTEK yang bisa mengembangkan dan bisa menguasai adalah orang yang tekun dan tanpa pandang bulu apakah dia itu muslim atau non muslim,”papar beliau dengan jelas.

Beliau yang merupakan putra ke lima dari pendiri PP. Nurul Jadid, Kh. Zaini Mun’im. Turut berpesan kepada para peserta yang hadir dalam acara ini. Untuk mengaitkan kedua ilmu kepada Allah Swt karena kedua ilmu itu tidak ada pertentangannya. “Syariat itu berhubungan dengan aturan – aturan yang langsung dari Allah Swt sementara IPTEK itu sunnahtullah adalah tradisi atau aturan yang diciptakan Allah Swt didalam penciptaan dan didalam mentakdirkan hal – hal yang terjadi didunia ini,”.

“maka dengan mengaitkan semua itu dengan allah insya allahkitaakan kembali dengan baik- baik. Saya berharap dengan ini akan semakin memperkuat ciri khas dan karakteristik keilmuan santriyang berciri Robbani,”Pungkas beliau.

Penulis : Ahmad

Editor : Ponirin

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

5 × 5 =