SMKNJ, Libatkan Instruktur PJB Dan UBJOM Paiton Asah Skill Siswa Kelas Teknik Pembangkit Tenaga Listrik

nuruljadid.net-Memasuki tahap akhir dalam pelakasanaan KBM di semester 1, kelas Teknik Pembangkit Tenaga Listrik (TPTL) SMK Nurul Jadid Paiton Probolinggo, melaksanakan Prakerin sebagai prasyarat kenaikan kelas. Beberapa tahun terakhir SMKNJ gandeng Perusahaan Besar Pembangkit di Jawa Timur yaitu PT. UP PJB Paiton dan PT UBJOM untuk melaksanakan pembinaan terhadap siswa TPTL.

Pada tahun ini, kegiatan Prakerin dilaksanakan selama 6 bulan mulai 22 Mei 2019 berakhir tanggal 22 Nopember 2019. Sedangkan peserta prakerin sebanyak 23 siswa. Sementara teknis pelaksanaan prakerin mengikuti Du/Di. Untuk pelaksanaan praktek di PT. UP PJB Paiton unit 1 dan 2 hanya 1 shift sebanyak 11 siswa, sedangkan di PT. UBJOM terbagi menjadi 3 Shift dilaksanakan per 8 Jam.
Menurut Waka Humas SMKNJ Ustadz Moh. Arief Hariyanto adanya kegiatan ini bertujuan untuk mempraktikkan materi yang telah dipelajari selama di semester 1 di bangku kelas. Setelah Prakerin selama 6 bulan anak dituntut untuk bisa melaksanakan Uji Kompetensi selama 2 di Kampus PJB Akademi sebagai evaluasi Pelaksanaan Prakerin. Apabila Lulus maka akan diterbitkan sertifikat kompetensi yang nantinya bisa digunakan untuk melamar pekerjaan sesuai dg Bidang dan pemetaan materi yg dikuasai,” Sambung Ustadz Arief.

Senada dengan Ustadz Arif, Kepala Kampus PJB Akademi Bapak Sunarto .SH mengatakan bahwa tujuan utama dalam kegiatan ini menggali kreatifitas dan kemampuan dalam mempraktikkan apa yg telah dipelajari. Dalam kegiatan KBM melibatkan instruktur PJB unit 1, 2 dan unit 9,10.
Sebelum melaksanakan prakerin siswa dibekali terlebih dahulu dengan beberapa model pembinaan diantaranya: siswa berkumpul di Akademi untuk mengikuti briving dan teknis praktik dilapangan, membuat ID Card dan tahap akhir melaksanakan Prakerin sesuai Jadwal yang telah ditentukan oleh unit

“Kami dari pihak SMKNJ Sangat berterima Kasih atas support tim akademi juga Instruktur yang mengawal pelaksanaan KBM di Sekolah sampai pada pelaksanaan Prakerin selama 6 bulan. Butuh tenaga, waktu dan kesabaran dalam melaksanakan kegiatan ini, karena siswa tersebut masuk layaknya Karyawan dibebani tanggung jawab yang cukup besar, Alhamdulillah siswa kami mendapatkan tambahan ilmu dari binaan yang dimaksud”Ucap Ustadz Arif.

Pewarta : PM

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

eight + 11 =