KH Moh Zuhri Zaini: Sabar Bukan Berarti Diam

nuruljadid.net- “Manusia diciptakan dalam keadaan lemah dan hanya bergantung kepada Allah SWT. Namun, kelemahan manusia tak perlu ditampakkan kepada orang lain. Karena hal itu adalah kurang benar. Kelemahan manusia hanya digantungkan dan dipasrahkan kepada Allah.”

Pesan inilah yang disampaikan Pengasuh Pondok Pesantren Nurul Jadid, Karanganyar, Paiton, Probolinggo, Jawa Timur, KH Moh Zuhri Zaini,  dalam pengajian rutin kitab Al Hikam, Senin (23/1/2017).

Terkait

Menurut Kiai Zuhri, begitu populer disapa, dengan menyadari kelemahan, posisi manusia yang tidak punya kekuasaan apa-apa di dunia, tidak serta merta berbuat sombong.

“Kalau kita pasrah dan bergantung hanya pada Allah, pasti Allah akan mendampingi dan melindungi kita. Tapi, jangan hanya cuma pasrah, kalau hanya pasrah begitu saja, itu malas namanya. Namun, harus disertai dengan mengikuti segala perintah Allah,” jelasnya di depan para santri yang mengikuti pengajian rutin di pondok yang diasuhnya.

Untuk menghamba pada Allah jelasnya, tidak cukup hanya menghadap secara dhahir. Akan tetapi juga batin. Dan doa sebetulnya mustajab.

“Siapa yang sadar sebagai hamba dan berdoa secara bersungguh-sungguh pasti doannya dikabulkan oleh Allah,” jelas kiai yang juga menjabat Pengurus Syuriah NU Jawa Timur ini.

 

Tulisan ini diambil dari https://www.timesindonesia.com/
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

13 − 1 =