Pos

Lantik Pengurus Baru Itnasy, Wadirek PPIQ Inginkan Pengurus Baru Amanah Semaksimal Mungkin

nuruljadid.net – Pusat Pendidikan Ilmu Al-Qur’an (PPIQ) gelar acara “Pelantikan Pengurus baru Itnasy masa khidmat 2023-2024 dan Ngaji Ruhul Jihad’’ pada hari Senin (13/03/2023) malam yang bertempat di Aula 1 pesantren.

Kegiatan pelantikan ini merupakan bentuk regenerasi atau peremajaan dari kepengurusan Itnasy selaku salah satu organisasi yang ada dibawah naungan PPIQ. Sedangkan itnasy sendiri merupakan suatu wadah bagi peserta didik PPIQ untuk menempa diri dalam berorganisasi sekaligus membantu menyuseskan visi dan misi PPIQ.

Wakil Direktur PPIQ H. Rusdi Aziz turut menghadiri acara tersebut sekaligus memberikan sambutan. Dalam sambutannya beliau menjelaskan sekelumit sejarah dan arti dari nama organisasi Ittihadun Nasyi’in.

“Ittihadun artinya kumpulan, sedangan Nasyi’in merupakan orang-orang dinamis, progresif, aktif, kreatif dan tif tif yang lain,” terang Wakil Direktur di hadapan peserta didik PPIQ.

Marilah kita bersungguh-sungguh, Bapak H. Rusdi melanjutkan, menjalani amanah yang diberikan ini. Karena sekecil apapun yang kita lakukan ini bernilai pahala. Semoga pengurus baru bisa menjalankan amanah semaksimal mungkin dengan upaya-upayanya.

“Kami ucapkan selamat kepada pengurus Ittihadun Nasyi’in yang baru dan terimakasih kami ucapkan kepada pengurus Ittihadun Nasyi’in yang lama,” pungkas Bapak H. Rusdi.

Selepas sambutan, Ustadz Sa’ari memberikan piagam penghargaan dan menyematkan pin kepada masing-masing pengurus demisioner Itnasy (Ittihadun Nasyi’in) dan melakukan foto bersama.

(Serah terima jabatan pengurus demisioner kepada pengurus baru Itnasy masa khidmat 2023-2024 didamingi oleh Pembina)

Acara berlanjut dengan prosesi pelantikan pengurus baru Itnasy masa khidmat 2023-2024 dengan membacakan ikrar sumpah jabatan yang dipimpin oleh Ustadz Syifaur Rizal. Sebelumnya Ustadz Rizal menanyakan terlebih dahulu kesiapan dan kesedian pengurus baru dalam menjalankan amanah yang diberikan.

Serah terima jabatan dilakukan oleh Ketua Itnasy demisioner kepada ketua Itnasy yang baru didampingi oleh pembina. Selain secara tertulis, juga terdapat peyerahan secara simbolis dengan penyematan Jas PPIQ kepada Ketua yang baru.

Dalam pelantikan ini juga mengundang Ustadz Ahmad Saili, M.Pd. untuk menjadi narasumber pada acara terakhir yakni “Ruhul Jihad”. Kegiatan Ruhul Jihad ini dimaksudkan untuk memberikan sentuhan rohani bagi para santri. Sehingga para santri bisa termotivasi dan lebih bersemangat lagi dalam mengabdikan diri khususnya di organisasi Itnasy PPIQ.

Doa merupakan acara terakhir dari acara pada malam itu.

(Humas Infokom)

Sambung Tali Pengabdian, Biro Pendidikan Lantik Pengurus Baru FKONJ

nuruljadid.net – Awal tahun 2023 Masehi, berbagai organisasi siswa melakukan pelantikan pengurus baru guna melanjutkan estafet pengabdian. Selasa (03/01) giliran Forum Komunikasi OSIS Putra menggelar proses pelantikan pengurus periode 2023/2024 di Aula II Pondok Pesantren Nurul Jadid.

Acara sakral ini dihadiri oleh Kepala Biro Pendidikan K. Imdad Robbani, Sekretaris Biro Pendidikan Ustaz Muhammad Nur Thariq, Kabid. Kelembagaan dan Peserta Didik Ponirin Mika, dan Pembina FKO Ustaz Hidayaturrahman, turut hadir juga sebagai tamu undangan seluruh pimpinan sekolah atau madrasah di bawah naungan Pondok Pesantren Nurul Jadid.

Acara dimulai tepat pukul 13.00 WIB, pengurus demisioner dan pengurus baru yang akan dilantik mulai memenuhi ruang auditorium. Tepat setelah pembukaan secara seremonial, prosesi pelantikan dimulai dengan pembacaan SK Pengurus Baru, pengambilan sumpah ikrar, dan penandatanganan surat serah terima jabatan oleh ketua demisioner lama kepada ketua terpilih didampingi Kepala Biro Pendidikan dan Pembina FKO Putra.

(Potret foto bersama usai melakukan prosesi serah terima jabatan bersama Kepala Biro Pendidikan K. Imdad Rabbani)

Kepala Biro Pendidikan K. Imdad Robbani dalam sambutannya kembali mengingatkan kepada seluruh pengurus baru bahwasanya aktif dalam organisasi merupakan implementasi dari panca kesadaran santri poin ke lima, yaitu kesadaran berorganisasi.

“Kita ini dalam FKO belajar agar sadar kenapa organisasi itu penting, supaya dalam diri kita tertanam pemahaman tentang pentingnya berorganisasi. Perlu diingat juga bahwa poin ketiga terakhir panca kesadaran santri itu dijiwai oleh kesadaran beragama dan kesadaran berilmu,” dawuh beliau.

Sementara itu, Ketua FKO Terlantik Periode 2023/2024 Lutfi menyampaikan bentuk syukurnya kepada Tim Nurul Jadid Media usai acara pelantikan itu, ia menyampaikan bahwa dirinya sangat bersyukur dan juga ini bukanlah amanah biasa.

 “Disamping syukur, bahagia, dan bangga, bagi saya menjadi Ketua FKO bukanlah hal mudah, saya pribadi harus menjalankan amanah sebagai ketua dan membawa almamater FKO lebih baik lagi ditengah tantangan yang sedikit sulit kali ini,” ungkapnya.

(Humas Infokom)

Pasca Pelantikan, Panji Pelopor Bekali Pengurus Terpilih dengan Ruhul Jihad Pengabdian

nuruljadid.net – Usai menggelar pelantikan, Panji Pelopor Nurul Jadid Putri melakukan upaya penguatan ruhul jihad pengurus baru terlantik dengan tajuk “Upgrade Diri dengan Realisasi Kewajiban Mengabdi” di hari yang sama, Jumat, 23 Desember 2022.

Kegiatan ini tak lain bertujuan untuk menanam ghirroh perjuangan dan pengabdian kepada para pengurus baru sebelum melaksanakan tugas pengabdiannya kepada pesantren melalui organisasi Panji Pelopor.

Hadir sebagai pemateri dalam acara tersebut, Wakil Sekretaris Pesantren Ny. Muthmainnah Waqid, S.Th.I. dan didampingi oleh Pengurus Panji Pelopor Demisioner sebagai moderator Zalfania. Dalam paparan awalnya, beliau memberikan gambaran sosok The Winner dan The Looser.

“Meskipun kita punya banyak mimpi, tapi belum pernah mencoba satu langkah pun untuk mewujudkannya, maka selamanya akan tetap menjadi mimpi,” tutur beliau.

(Potret pemaparan materi oleh Wakil Sekretaris Pesantren Ny. Muthmainnah Waqid, S.Th.I (kiri) didampingi oleh moderator (kanan))

Kemudian beliau melanjutkan dengan memberikan tips-tips upgrade diri, beberapa diantaranya dengan melatih kemampuan public speaking, sempatkan baca buku, bangun pola hidup sehat, tantang diri mempelajari skill baru, menjalani hobi yang membuat produktif, self love dengan merawat diri sewajarnya, dan selalu membaca dzikir, istighfar, dan sholawat sebagai ‘life jacket’.

Kegiatan ruhul jihad yang dijalankan setiap tahunnya itu menjadi kegiatan pelengkap dari pelantikan sendiri, karena objek dari kegiatan ini adalah para pengurus baru terlantik. Staff Humpro Putri Nuril Mufidah menyampaikan bahwa kegiatan ini bagaikan memupuk benih-benih yang baru ditanam agar tumbuh dengan baik.

Harapannya, pengurus Panji Pelopor baru bisa mengambil banyak hikmah dan pelajaran dari kegiatan ruhul jihad tersebut. Tak hanya ditulis, namun juga diamalkan dalam perjuangan dan pengabdiannya kepada pesantren nantinya.

 

 

 

(Humas Infokom)

Wakabid GTK dan Peserta Didik Biro Pendidikan Nurul Jadid Paparkan Profil Organisator yang Baik pada Pelantikan FKO Nurul Jadid Putri

nuruljadid.net – Pelantikan salah satu organisasi peserta didik tertinggi di Pondok Pesantren Nurul Jadid, FKO Nurul Jadid putri telah melakukan pelantikan pengurus baru periode 2023. Kegiatan itu dihadiri pejabat Biro Pendidikan putri yang diwakili Wakabid GTK dan Peserta Didik ustazah Rifqotul Husna, Wakabid Penjamin Mutu dan Kurikulum ustazah Faiqotul Hikmah serta pembina ustazah Rizkiyah Sakinah Safitri pekan lalu tepatnya Jum’at pagi (23/12/22)

Saat pelantikan Wakil Kepala Bidang GTK dan Peserta Didik ustazah Rifqotul Husna menyampaikan apresiasinya dalam sambutan kepada pengurus demisioner dan mengucapkan selamat kepada pengurus terpilih untuk istiqomah berkhidmad kepada pesantren dan masyarakat.

“Selamat kepada pengurus terpilih, semoga menjadi pengurus yang amanah dan dapat mengemban amanah organisasi dengan penuh tanggung jawab sehingga mampu menjadikan FKO lebih baik dari sebelumnya. Dan semoga pengabdian demisioner menjadi perantara kebarokahan untuk menjadikan kalian pribadi yang lebih baik,” terang ustazah Rifqoh dalam sambutannya.

(Suasana sambutan Wakabid. GTK dan Peserta Didik Biro Pendidikan pada Pelantikan Pengurus FKO Nurul Jadid Periode 2023)

Ustazah Rifqotul Husna juga berpesan kepada semua organisator baik yang demisioner dan lebih khusus kepada yang terpilih untuk terus bersama mendampingi sebelum keluar dari pesantren dan bersama belajar mengembangkan FKO Nurul Jadid.

“saya berpesan kepada pengurus demisioner untuk tidak lantas meninggalkan adek pengurus penerus, melainkan tetap dibimbing dan diarahkan. Yang baru jangan sungkan untuk bertanya seputar organisasi kepada demisioner agar saling berbagi pengalaman,” imbuhnya.

Dalam sambutan singkat, usatzah Rifqoh menyampaikan profil organisator yang baik di hadapan seluruh peserta yang hadir terutama kepada pengurus FKO Nurul Jadid.

“Organisator yang baik adalah organisator yang tidak sekedar membawa organisasi ke arah yang baik namun bisa mewariskan generasi yang mampu membawa organisasi yang ditinggalkannya lebih baik” tutup ustazah Rifqoh yang disambut dengan tepuk tangan meriah.

 

 

(Humas Infokom)

Estafet Kepemimpinan FKO Nurul Jadid Putri secara De Jure Dilanjutkan, Pengurus Baru Resmi Dilantik

nuruljadid.net – Menyambut tahun baru masehi 2023, banyak organisasi santri yang melakukan regenerasi guna melanjutkan estafet kepemimpinan. Tidak mau ketinggalan Forum Komunikasi OSIS (FKO) Nurul Jadid putri juga telah menggelar pelantikan pengurus baru tidak hanya secara De Facto namun resmi secara De Jure minggu lalu Jum’at, 23 Desember 2022 di Aula II Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton.

Pelantikan dimulai pukul sekitar 09.00 WIB yang dipandu oleh pembawa acara dengan bilingual language yaitu bahasa Inggris dan Indonesia. Ratusan peserta delegasi dari tujuh satuan Pendidikan memenuhi ruang aula. Mereka dari MTSNJ, SMPNJ, MTSN 1 Probolinggo, SMANJ, MANJ, dan SMKNJ.

Organisasi FKO Nurul Jadid periode 2023/2024 akan dinahkodai oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) baru. Ia adalah Maia Natasha Early, siswi Madrasah Aliyah Nurul Jadid (MANJ) yang dipilih berdasarkan hasil pemilihan umum (PEMILU) oleh perwakilan setiap satuan Pendidikan di bawah naungan pesantren.

Natasha menggantikan Sekjen demisioner Nofalia Ramdhani, siswi SMA Nurul Jadid. Dalam sambutan singkatnya Nofalia berpesan kepada sekjen terpilih dan pengurus terlantik untuk menjalin komunikasi yang bai kantar pengurus, karena komunikasi merupakan salah satu kunci keberhasilan organisasi.

“pesan saya kepada pengurus terpilih, komunikasi harus dijaga dan dibangun sebagai akar kokohnya organisasi. Tetap semangat dan amanah,” ucap Nofalia sambil menyeka air mata haru dan sedih karena akhirnya berhasil menuntaskan amanah di organisasi tercintanya yang penuh perjuangan dan pengorbanan.

(Pembina FKO Nurul Jadid putri ustazah Rizkiyah Sakinah Safitri saat tengah memberikan kata sambutan dalam acara Pelantikan Pengurus FKONJ periode 2023)

Ustazah Rizkiyah Sakinah Safitri selaku pembina dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada pengurus FKONJ demisioner dan selamat kepada pengurus FKO terpilih.

“terimakasih atas pengabdian yang tulus untuk pengurus FKO Demisioner, semoga membawa kebarokahan dan selamat mengemban tugas untuk FKO terpilih, semoga amanah” tutur ustazah Rizkiyah.

Prosesi pelantikan berjalan sangat khidmad, setelah pembacaan SK Kepengurusan FKO Nurul Jadid periode 2023 oleh Wakabid. GTK dan Peserta Didik Biro Pendidikan ustazah Rifqotul Husna, seluruh structural terpilih menaiki pentas untuk mengambil sumpah jabatan yang dipandu oleh Wakabid Penjamin Mutu dan Kurikulum ustazah Faiqotul Hikmah.

Berdasarkan SK kepala Biro Pendidikan Nurul Jadid nomor: NJ-H/0200/A.VIII/12.2022 terdapat sejumlah 30 pengurus yang dapuk sebagai organisator FKO untuk menjalankan amanah organisasi satu tahun ke depan.

Usai prosesi pelantikan dilanjutkan sambutan dari sekjen terpilih dan demisioner. Peserta mengikuti dengan seksama setiap jalannya prosesi pelantikan termasuk pemberian penghargaan kepada pengurus demisioner dan pemotongan tumpeng sebagai symbol syukur atas berakhirnya satu periode dan dimulainya perjalan baru periode 2023.

 

 

 

(Humas Infokom)

Lantik 14 PAC Cabang Kota Kraksaan, Ketua Pergunu Jatim Himbau Peningkatan Kualitas Pendidikan

nuruljadid.net – Pimpinan Cabang Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (Pergunu) Kota Kraksaan yang dipimpin oleh Slamet Riyadi, S.Pd.,M.M telah berhasil melaksanakan pelantikan pengurus di Aula 1 Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton Probolinggo, Ahad (05/06/2022).

Dalam kesempatan itu, ketua Pimpinan Wilayah Pergunu Jatim H. Sururi, S.Ag., M.Pd mengucapkan terimakasih kepada pengasuh Pondok Pesantren Nurul Jadid yang berkenan menjadi tuan rumah untuk pelantikan pengurus Pergunu di wilayah cabang Kota Kraksaan.

Ketua Pergunu Jatim juga menghimbau agar guru NU tetap solid. “Yang baru saja dilantik, mudah-mudahan diberi kekuatan lahir batin, kesabaran untuk memajukan, untuk menggerakkan persatuan guru NU di cabang Kraksaan” tutur H. Sururi.

Tugas pertama Pergunu yang pertama adalah konsolidasi, bagaimana pengurus yang dilantik bergerak dan melakukan konsoldasi satu dengan yang lain melalui badan otonom Pergunu.

Ketua Pimpinan Wilayah Pergunu Jatim juga mengimbau sekaligus mengingatkan pengurus yang baru dilantik agar terus istiqomah berjuang dan berkhidmat dengan penuh keikhlasan dalam menjalankan tugasnya. Serta komitmen memajukan kualitas pendidikan di kalangan NU.

(Ketua Pimpinan Wilayah Pergunu Jawa Timur H. Sururi, S.Ag., M.Pd saat menyampaikan sambutan pada pelantikan pengurus PAC Cabang Kota Kraksaan)

Hal itu disampaikan H. Sururi dalam sambutannya. “Kami dari PW Pergunu Jawa Timur menghimbau kepada guru-guru NU, karena NU adalah didirikan KH. Hasyim Asyari, minimal agar karakter guru-guru Pergunu ini, ilmu sanad nya nyambung menauladani para kiai di Pesantren,” tambah beliau.

Ia juga berharap, seluruh anggota Pergunu paling tidak belajar kitab Adabul ‘Alim Wa Muta’allim, sebagai implementasi almukhofadatu ‘ala qodimissholih sebagai pedoman bagi guru dengan mengkaji kitabnya KH. Hasyim Asya’ari. Agar pergunu dapat melahirkan guru yang berkarakter dan diberkahi oleh Allah SWT.

“Zaman dulu, sekarang dan yang akan datang berbeda, berkembangan terus menerus, maka dalam rangka wal akhdu bil jadidil aslah ini, kita tidak boleh tertinggal. Ada pelatihan, workshop, seminar, kita bisa kerjasama dengan kemenag, diknas, PGRI, pesantren, RMI dan berbagai pihak lainnya, agar anggota Pergunu tetap menjaga profesionalitasnya.” Lanjutnya.

Pergunu adalah badan otonom NU (profesi) yang menghimpun dan menaungi para guru, dosen, dan ustadz, Pergunu harus profesional dalam bekerja. Program Pergunu harus fokus dan harus sejalan dengan program NU sebagai induknya.

Sururi juga menyampaikan bahwa Pergunu kini telah bekerja sama dengan Institut Agama Islam Al-Khoziny Buduran Sidoarjo membuka beasiswa. Adapun beasiswa tersebut mulai program Sarjana (S1), Pascasarjana (S2), dan Doktoral (S3).

Ia menegaskan bahwa program tersebut bertujuan untuk meningkatkan kualitas SDM Indonesia, khususnya Nahdliyin di seluruh pelosok negeri.

Guru-guru NU dihimbau untuk berpegang teguh pada aqidah, amaliyah, fikroh dan harokah Ahlussunnah Wal Jama’ah, dan jangan sampai ada guru NU terlibat dalam organisasi terlarang dan mengkritisi kiai NU hingga berseberangan dengan pemikiran NU.

Sementara itu, Slamet Riyadi Ketua PC Pergunu Kota Kraksaan, mengatakan bahwa pihaknya akan melaksanakan amanah yang telah diberikan dengan sebaik-baiknya.

 

 

(Humas Infokom)

 

Lanjutkan Estafet Pengabdian, Biro Pendidikan Lantik Pengurus Baru FKO Nurul Jadid

nuruljadid.net – Biro Pendidikan Pondok Pesantren Nurul Jadid melantik pengurus baru FKO Nurul Jadid untuk melanjutkan estafet pengabdian setelah melewati rangkaian dan tahapan seleksi dan pembekalan. Pelantikan tersebut berlangsung di Aula II Pondok Pesantren Nurul Jadid pada hari Kamis (30/12) pagi diikuti oleh seluruh pengurus demisioner dan pengurus terpilih.

Pada acara pelantikan tersebut turut hadir, masing-masing Kepala Biro Pendidikan K. Moh. Imdad Rabbani, Sekretaris Biro Pendidikan Muhammad Nur Thariq, Lc., Kabid. Kelembagaan dan Peserta Didik Ponirin Mika serta tamu undangan yang juga sebagai Narasumber pada acara seminar yang diadakan setelah prosesi pelantikan usai yakni Drs. H. Amin Said Husni mantan bupati Bondowoso dan alumni Pondok Pesantren Nurul Jadid.

(Prosesi Serah terima Jabatan sedang berlangsung oleh Ketua Umum Demisioner (kanan) kepada Ketua Umum Terpilih (kiri), didampingi oleh Kepala Biro Pendidikan (kanan belakang), Kabid. Kelembagaan dan Peserta Didik (tengah), dan Pembina FKO (kiri belakang)

Ditanya ihwal prosesi pelantikan, pengurus demisioner FKO Nurul Jadid Muhammad Miftahurrahman mendapatkan tugas untuk membaca Surat Keputusan, sementara itu Sekretaris Biro Pendidikan Muhammad Nurthariq mendapat giliran untuk memimpin pembacaan ikrar. Setelahnya, disusul dengan prosesi serah terima jabatan dari ketua FKO NJ demisioner Surya Bintang Manggala kepada ketua FKO terpilih Ahmad Zaidan Salim. Acara berlangsung dengan khidmat dan lancer yang dihadiri oleh perwakilan dari setiap satuan Pendidikan di bawah Biro Pendidikan Nurul Jadid.

Dalam sambutannya, ketua FKO terlantik Ahmad Zaidan Salim mengungkapkan rasa syukur bahagia karena sudah resmi dilantik menjadi Ketua Umum FKO Nurul Jadid Masa Khidmat 2022/2023. Zaidan juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang telah memberikan dukungan positif kepadanya.

“Ada beberapa hal yang perlu saya sampaikan. Dan yang paling utama, saya ucapkan terimakasih kepada pengurus FKO demisioner yang telah memberikan amanah kepada saya untuk memimpin FKO satu tahun kedepan, tak lupa saya juga ucapkan terimakasih kepada seluruh teman-teman yang telah mendukung saya sampai sekarang. Semoga saya amanah dalam mengamban tugas ini mohon bantuan dan nasehat dari semua pihak khususnya Biro Pendidikan,” ungkap Zaidan saat sambutan.

(Kepala Biro Pendidikan K. Moh. Imdad Rabbani menyampaikan harapannya kepada FKO Nurul Jadid melalui sambutan beliau)

Sebagai penerus estafet kepemimpinan dalam pengabdian FKO Nurul Jadid yang baru, Kepala Biro Pendidikan K. Moh. Imdad Rabbani melalui sambutannya menyampaikan tentang amanah dan target yang harus dicapai oleh pengurus FKO Nurul Jadid terlantik. Beliau juga menyampaikan peranan FKO sebagai sarana media komunikasi antara pengurus dan santri, sehingga FKO dalam kegiatannya perlu melibatkan banyak santri.

“FKO Nurul Jadid harus menjadi tauladan yang baik dan mampu melaksanakan kegiatan yang bermanfaat dengan melibatkan sebanyak-banyaknya santri, namun tidak hanya dalam bentuk seremonial namun kegiatan rutin yang berdampak positif bagi pengalaman santri selama nyantri dengan tetap berpegang teguh dengan nilai dan aturan yang ada” tutur Kepala Biro Pendidikan Kiai Moh. Imdad Robbani.

Menambah kemeriahan prosesi pelantikan dan sebagai nutrisi keilmuan, FKO Nurul Jadid juga menggelar Seminar Kepemimpinan dengan menghadirkan seorang narasumber yang sangat kompeten juga pernah menjabat sebagai pengurus FKO tahun 1982 dan sebagai Bupati Bondowoso selama dua periode, yakni Drs. H. Amin Said Husni. Pada seminar tersebut, Narasumber memaparkan materi tentang pentingnya membangun semangat berkepemimpinan, berintegritas, dan berkualitas. Terakhir beliau juga menyampaikan harapannya kepada pengurus FKO terlantik agar amanah dalam mengemban tugasnya dengan baik dan penuh tanggung jawab. Sementara itu, ratusan peserta nampak sangat antusias mengikuti acara dari pagi hingga usai.

 

(Humas Infokom)

 

ISNU Universitas Nurul Jadid Resmi Dilantik Hari Ini

ISNU Universitas Nurul Jadid Resmi Dilantik Hari Ini

nuruljadid.net – Pengurus Cabang Khusus Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU) Universitas Nurul Jadid 2019 – 2023 resmi dilantik, Jumat siang, (05/07/2019) di Aula MA Nurul Jadid oleh Ketua Pengurus Wilayah ISNU Jatim, Prof H. M. Mas’ud Said MM. Ph.D.

Acara ini dibarengi dengan halal bi halal Pengurus Wilayah Ikatan Sarjana Nahdhatul Ulama Jawa Timur dan launching Dai intelektual NU Networking (DINUN).

Dalam acara tersebut, Prof. Mas’ud mrngatakan bahwa Pengurus Cabang Khusus ISNU UNUJA merupakan Pengurus Cabang Khusus pertama yang ada di Jawa Timur dan dilantik langsung oleh ketua Pengurus Wilayah ISNU Jawa Timur Prof. Mas’ud Said.

Susunan pengurus cabang Khusus ISNU Universitas Nurul Jadid yang dilantik .

Pelindung : KH. Abdul Hamid Wahid, M.Ag. – Rektor Universitas Nurul Jadid

Dewan Ahli :

  1. H. Hambali, M.Pd.
  2. KH. Najiburrahman, MA.
  3. M. Noer Fadli Hidayat, M.Kom.
  4. KH. Faiz, M.Fil.I.
  5. Dr. KH. Hefniy Razaq, M.Pd.
  6. Moh. Furqan, M.Kom.
  7. Dr. H.M. Hasyim Syamhudi, M.Si.
  8. Dr. Hasan Baharun, M.Pd.
  9. Handono Fatkhur Rahman, M.Kep., S.Kep., M.B.

Pengurus Harian :

Ketua : Ahmad Fawaid, M.Th.I.

Sekretaris : Zainal Munir, S.Kep, M.Kep, Ners

Bendahara : Moh. Jasri, M.Kom.

Seksi-Seksi :

  1. Pengembangan Iptek dan Penelitian :
  2. Advokasi & Pengabdian Masyarakat :

III. Divisi Pengembangan Ekonomi & Usaha :

  1. Keorganisasian dan Penguatan Jaringan :

Achmad Fawaid, S.Th.I sebagai ketua PC Khusus ISNU Universitas Nurul Jadid, berharap ISNU ini bisa menjadi laboratorium NU khususnya warga muda NU.

“saya berharap ISNU ini bisa menjadi laboratorium NU khusunya bagi muda-mudi NU” pungkasnya.

Usai pelantikan Pengurus ISNU Universitas Nurul Jadid 2019-2023, acara itu diakhiri seminar nasional dengan tema Islam Washatiyah, Pancasila dan Ekonomi Syariah oleh Prof. Mahfud MD (Dewan Pembina BPIP-RI) KH. Abdul Hamid Wahid, M.Ag. (Rektor UNUJA), dan Ahmad Tohe, P.hd. (Ketua DINUN).

Penulis: Baikahi

Editor: Ponirin

Lepas Pisah Kelas Tiga Sekaligus Wisuda Muta’alimul Musholla Raudlatul Qur’an

Lepas Pisah Kelas Tiga Sekaligus Wisuda Muta’alimul Musholla Raudlatul Qur’an

nuruljadid.net – Suasana sangat hening, saat Pengurus Pesantren memasuki ruangan acara, untuk menghadiri Pelantikan Pengurus Muallim dan Ubudiah Musholla Raudlatul Qur’an masa bakti 2019/2020 sekaligus Perpisahan Kelas Akhir dan Wisuda Muta’alim Kelompok A.

Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Jum’at malam (05/04/2019), menurut Ketua Panitia, M. Rajiv Dinal Maula. kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan penghargaan kepada mereka yang berniat dan bersungguh – sungguh dalam tafaqquh fiddin agar memotivasi kepada orang lain untuk mendapatkan syahadah atau diwisuda oleh musholla Raudlatul Qur’an.

Ditempat yang sama, K. Miftahul Arifin, Wakil Biro Kepesantrenan berharap kepada para wisudawan paska di syahadah untuk mengamalkan dan menularkan ilmu – ilmu yang telah didapatkan di musholla Raudlatul Qur’an.

“Kepada muallim – muallim dan wisudawan untuk menularkan ilmu Al-qur’an yang telah didapat, dan ini adalah suatu anugerah yang tidak akan diberikan oleh Allah SWT kepada sembarang orang, maka patut sekali kita bersyukur karena kita diberi kesempatan untuk menyebarkan ilmu,”tutur beliau dalam sambutan di Aula SMP Nurul Jadid.

Beliau menambahkan, kepada para pengurus muallim maupun pengurus Ubudiah yang dilantik agar niat hanya untuk mengabdi kepada Allah SWT dan mengabdi kepada pesantren.

Lebih lanjut, Musholla yang dipangku oleh KH. Makki Maimun Wafi itu menetapkan Muallim terbaik kepada Mufid Al-Hakim. Muallim Teladan kepada Ahmad Hasin. Dan wisuda muta’alim kelompok A sebanyak … beserta penetapan Wisudawan terbaik kepada Afif Hamidi M.

diakhir acara digelar tausiyah dewan pengasuh oleh KH. Hefniy Mahfudz, Pemangku Wilayah Zaid bin Tsabit (K) PP. Nurul Jadid.

Penulis : Ahmad

Editor : Ponirin

Sembari Lantik Ketua FKO, Biro Pendidikan Turut Gelar Talk Show

Sembari Lantik Ketua FKO, Biro Pendidikan Turut Gelar Talk Show

nuruljadid.net – Biro Pendidikan Pondok Pesantren Nurul Jadid melantik ketua FKO putra dan putri periode 2019 – 2020 pada Jum’at (22/02/2019) sekaligus menggelar acara Talk Show dengan tema “Mengatasi galau dengan Cinta Untuk Meraih Cita – Cita” di Aula MA Nurul Jadid.

Talkshow ini mengundang 2 narasumber yakni, Lucky Ramadhan, Peraih beasiswa kongres mahasiswa dibidang Medis tahun 2016 di Belanda, dan Wirdatun Nafisah, Peraih Medali Perunggu dalam ajang International Youth Invention Award 2017.

“Lucky Ramadhan ini merupakan alumni MTs dan SMA Nurul Jadid dan Wirdatun Nafisah, alumni MA Nurul Jadid, kami memang sengaja mengundang pemateri dari alumni pesantren karena dengan ini kami ingin membuktikan kalau alumni pesantren itu mempunyai kesempatan yang sama dalam untuk meraih prestasi diluar negeri (baca; internasional),” tegas Mujiburrohman, Pembina FKO  dalam sambutan sebelum talk show berlangsung.

Ia menambahkan, tujuan dari diselenggarakannya talk show tersebut ialah untuk mengatasi kegalaun para santri khususnya anggota FKO. “jadi kami menghadirkan talk show ini juga sebagai penyulut semangat pengabdian santri kepada pesantren nurul jadid,”Imbuhnya.

Dalam sesi Pelantikan, Ketua FKO putra dan putri beserta devisi – devisinya yang dikukuhkan oleh Adi Azhari, pengurus senior FKO. Adapun ketua dan wakil ketua FKO putra ialah Fathul Irfan Arridho dan Muhammad Firly. Adapun ketua FKO putri ialah Dyna Tauhidah.

Penulis : Ahmad

Editor : Ponirin

Resmi BEM dan DPM Dilantik Secara Serentak

Resmi BEM dan DPM Dilantik Secara Serentak

nuruljadid.net- Pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dan Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) se-Universitas Nurul Jadid (UNUJA) dilantik hari ini (30/1/2019) di auditorium UNUJA.  Mereka dilantik oleh  Wakil Rektor I Universitas Nurul Jadid, Dr. H. Hambali.

Dalam sambutannya Bapak Hambali  mengatakan bahwa para pengurus BEM dan DPM  merupakan salah satu cara untuk menjadikan kampus yang beradab dan menebar kebermanfaatan. “Ini termasuk langkah dan upaya untuk menghantarkan kampus yang berkeadaban,” ujar Hambali.

“Selamat kepada pengurus yang telah dilantik, mudah-mudahan amanah,” harapnya.

Pelantikan  tersebut termasuk dalam rangkaian kegiatan  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Mahasiswa Universitas Nurul Jadid. “acara ini termasuk dalam rangkaian kegiatan KPUM selaku  yang menyelenggarakan pemilu mahasiswa,” Kata Izzat Abdi, Ketua KPU Mahasiswa.

Pria yang akrab disapa Izzat itu berharap pelantikan para pengurus mampu menjadi wakil dari mahasiswa UNUJA. “Selaku penyelenggara berharap teman-teman BEM dan DPM mampu mewakili mahasiswa unuja, baik dari eksekutif maupun legislatif, ” jelasnya.

Kegiatan resepsi pelantikan pengurus BEM dan DPM ini sekaligus diisi dengan Talk Show yang menghadirka  Pimred Times Indonesia Yatimul Ainun sebagai narasumber sekaligus  peraih anugerah Jurnalistik ICCTF kementerian PPN 2018 Bagus Supriadi. Tema yang diangkat dalam kegiatan kali ini adalah “Optimalisasi Peran Ormawa sebagai pioner prestasi bangsa” yang dimoderatori oleh Mohammad Bahrul Ulum.

Penulis : Abd. Hannan

Editor : Badrus Sholeh

UKM Kewirausahaan UNUJA Gelar Seminar Dan Pelantikan Anggota

UKM Kewirausahaan UNUJA Gelar Seminar Dan Pelantikan Anggota

nuruljadid.net – Lembaga Pengembangan Profesionalitas dan Kewirausahaan (LPPK) Universitas Nurul Jadid (UNUJA) adakan seminar kewirausahaan dan pelantikan pengurus Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Kewirausahaan dan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia Perguruan Tinggi (HIPMI PT) Unuja dengan tema “Membangun Jiwa Enterpreneurship Di kampus” di Auditorium Universitas Nurul Jadid, Rabu (16/01/2019).

Menurut Intan Cahya Kurniasari, ketua Badan Pengurus Cabang (BPC) HIPMI kabupaten probolinggo menyampaikan bahwa pelantikan dan seminar ini sudah menjadi salah satu program yang di dalamnya ada program goes to campus yaitu: membentuk, melantik, dan mengukuhkan HIPMI PT skala kampus. “Jadi HIPMI kabupaten probolinggo tujuannya untuk membentuk dan menyebarkan virus-virus entrepreneur yang ada di kalangan kampus,” ungkap dalam sambutan.

Harapannya bisa memberi manfaat besar kepada perguruan tinggi, bisa menyebarkan virus-virus entrepreneur yang ada di kalangan Universitas Nurul Jadid, pemuda kaum milenial bisa berkarya, memberi manfaat kepada masyarakat khususnya di lingkungan kampus, dan membawa nama harum yayasan nurul jadid.

Selain itu, M. Noer Fadli Hidayat juga menyampaikan bahwa upaya-upaya yang sudah di lakukan terkait tentang perkembangan kewirausahaan, sesuai dengan arah perkembangan perguruan tinggi sudah menjadi rencana strategis. “Perguruan tinggi sudah bukan lagi untuk menciptakan seorang yang bisa diterima lapangan kerja tapi untuk menciptakan seorang yang bisa membuka lapangan kerja,” ungkap dalam sambutan.

Kegiatan pelantikan dan seminar ini mendatangkan narasumber dari Direktur CV Golden Indonesia, Bukhari Subhan, jajaran pengurus BPC HIPMI kabupaten probolinggo, jajaran civitas akademika Universitas Nurul Jadid, mahasiswa dan siswa tingkat SLTA di sekitar Yayasan Nurul Jadid.

 

Penulis : Badrus

Editor : Rahmad Hidayat

LPBA Adakan Pekan Bahasa Dan Pelantikan Osil

LPBA Adakan Pekan Bahasa Dan Pelantikan OSIL

nuruljadid.net-Lembaga Pengembangan Bahasa Asing (LPBA) Pondok Pesantren Nurul Jadid  mengadakan acara pembukaan Pekan Bahasa dan  Pelantikan Anggota Organisasi Siswa Intra Lembaga (OSIL) masa bakti 2019-2020 di Aula MANJ. Kamis (10 / 01/ 2019).

Dalam acara yang berlangsung pada pukul 20:00-22:00 WiB ini di awali dengan menyanyikan Mars Pondok Pesantren Nurul Jadid dan Mars LPBA. Sebelum dilanjutkan dengan sambutan dan dan acara inti, yaitu pelantikan. Acara diakhiri dengan do’a khidmat yang dipimpin oleh salah satu Pengurus LPBA yang hadir.

Ketua panitia, Nurul Fadilah, menuturkan adanya Pekan Bahasa adalah untuk mengukur kemampuan peserta didik selama mengikuti kegiatan ekstrakurikuler di LPBA. “Tujuannya untuk meningkatkan semangat belajar dan kecintaannya peserta didik LPBA akan bahasa asing,” ungkapnya.

Ia juga berpesan agar peserta Pekan Bahasa serius dalam mengkuti kegiatan dimaksud. “Lakukanlah yang terbaik dalam meraih kejuaran dalam Pekan Bahasa ini,”. Tegasnya.

Hal senada juga disampakan oleh Taufik Hidayah selaku Pembantu direktur LPBA Putra. Menurutnya Pekan Bahasa selaiknya dijadikan sebagai momen untuk mengadu intelektual dan kecakapan bahasa. “Buktikan kalian yang terbaik dari yang baik. Ciptakan persaingan yang sehat demi LPBA kita tercinta,” sampainya dalam sambutan.

Diakhir sambutan, dilaksanakan  serah terima jabatan antara Presiden Demisioner dan Presiden Terpilih periode 2019-2020 yang di dampingi langsung oleh Siti Ruqoyyah, Pembantu Direktur LPBA Putri.

Hadir pula dalam acara tersebut segenap Pengurus Putra dan Putri LPBA beserta seluruh peserta didik LPBA putri.

Penulis : Yahya

Editor : Rahmad Hidayat

PP. Nurul Jadid Lantik 10 Kepala Wilayah, 27 Kepala Daerah dan 114 Wali Asuh

PP. Nurul Jadid Lantik 10 Kepala Wilayah, 27 Kepala Daerah dan 114 Wali Asuh

nuruljadid.net – Demi meningkatkan mutu dan reformasi kelembagaan, Pondok Pesantren Nurul Jadid melantik Kepala Wilayah, Kepala Daerah dan Wali Asuh semua wilayah putra yang bertempat di Masjid Jami’ pada Kamis, (03/01/2019).

Kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh KH. Abdul Hamid Wahid selaku Kepala Pondok Pesantren Nurul Jadid, K. Moh. Imdad Rabbani sebagai Kepala Biro Kepesantrenan, segenap pengurus dan santri putra Pondok Pesantren Nurul Jadid.

“Pelantikan ini dilaksanakan untuk mencanangkan dan meningkatkan aspek kualitas santri, karena peningkatan aspek kuantitas kami anggap sudah selesai,” ungkap K. Moh. Imdad Rabbani saat memberi sambutan.

Sedangkan menurut Kepala Pondok Pesantren, KH. Abdul Hamid Wahid, pengurus yang akan dilantik harus meniatkan diri untuk mengabdi pada pondok pesantren dengan momohon ridho Allah agar bernilai ibadah.

“Sebenarnya, apapun yang diniatkan karena Allah sebagai penghambaan diri maka akan bernilai ibadah. Jika memaknai hidup ini dengan niat karena Allah, maka hidup akan berkah dan bernilainya,” tutur beliau.

Pada tahun ini, PP. Nurul Jadid melantik sebanyak 11 Kepala Wilayah beserta sekretaris dan bendaharanya, 27 Kepala Daerah dan 114 Wali asuh yang tersebar di setiap wilayah pusat.Adapun rincian sebaran wilayah pusat ialah berikut :
1. Wilayah Sunan Gunung Jati (A)
2. Wilayah Sunan Ampel (B)
3. Wilayah Sunan Drajat (C)
4. Wilayah Sunan KaliJaga (D)
5. Wilayah Sunan Kudus (E)
6. Wilayah Sunan Giri (F)
7. Wilayah Sunan Nurus Shobah (H)
8. Wilayah Sunan Muria (L)
9. Wilayah Malik Ibrohim (M)
10. Wilayah Sunan Bonang (N)
11. Wilayah Sunan Maulana Ishaq

Penulis : Ahmad

Editor : Rahmad Hidayat

FKO NJ

Khidmat Pelantikan FKO Putri PP. Nurul Jadid Periode 2017 / 2018 M

nuruljadid.net – Aula SMP Nurul Jadid menjadi saksi sejarah dalam perjalanan Forum Komunikasi Osis (FKO) Putri Pondok Pesantren Nurul Jadid. Pasalnya, pada hari jum’at kemarin (27/01/2017) mereka (FKO Putri) berhasil mengadakan pelantikan kepengurusan FKO masa bakti 2017 / 2018 dengan khidmat dan lancar.

Sorak sorai meramaikan aula SMP Nurul Jadid, kobaran semangat membuat atmosfer dalam ruangan ini semakin panas. Panasnya atmosfer ini ditandai dengan raut wajah mereka yang sangat senang dengan kegiatan ini. Kegiatan yang bertujuan untuk melakukan regenerasi kepengurusan dalam sebuah organisasi agar organisasi yang mereka pijaki sekarang semakin berjaya dengan kreatifitas dan kapabilitas yang terus berkembang. Generasi penerus haruslah tetap dilakukan agar mereka bisa memperbaiki kesalahan kesalahan mereka yang telah lalu dan menjadikan organisasi mereka menjadi organisasi yang maju dan berkembang.

Acara dimulai pada pukul 08.50 WIB dengan pembukaan sebagai awal acara yang dikomandoi oleh 2 orang MC. Setelah acara dibuka secara islami, maka dilanjutkanlah dengan lantunan ayat suci Al Qur’an dengan harapan acara ini bersamaan dengan ridhoNya. Menyayikan lagu Kebangsaan, Indonesia Raya sebagai bukti bahwa santri Nurul Jadid memiliki jiwa nasionalisme yang kuat sesuai dengan kandungan dari panca kesadaran santri yakni kesadaran berbangsa dan bernegara. Tak hanya menyayikan Indonesia Raya saja, seluruh peserta dan undangan juga menyanyikan lagu Mars Nurul Jadid yang membuat suasana pelantikan ini semakin khidmat dan menyetuh hati.

Sambutan dari ketua panitia pelaksana juga disajikan dalam acara ini. Saudari Nadiatul Munawaroh sebagai ketua pelaksana ini menyampaikan beberapa hal terkait dengan acara pelantikan ini. Beberapa diantaranya adalah sebuah pujian sekaligus ucapan selamat kepada seluruh pengurus FKO terpilih.

“Saya ucapkan selamat kepada pengurus FKO terpilih, semoga kalian dapat menjalankan amanah dengan baik. Kalian adalah orang orang hebat, kalian adalah orang orang yang terpikih dari sekian banyak anggota OSIS dari beberapa lembaga formal di bawah naungan PP. Nurul Jadid, Kalian adalah orang tang terpercaya. Maka teruslah berjaya untuk terus mengabdi bagi kemajuan FKO dan Nurul Jadid tercinta” ucap Nadia sekaligus memberikan sedikit suntikan semangat kepada pengurus FKO terpilih.

Prosesi pelantikan dibawah komando Bapak Pembina FKO, Bapah Rojabi Azharghany, M.SI. Pembacaan Surat Keputusan (SK) yang beliau pimpim mengawali prosesi pelantikan ini. Sebanyak 49 anggota FKO dari 7 lembaga pendidikan di bawah naungan Yayasan Nurul Jadid terlantik hari ini (27/01). Setelah dibacakannya SK Pengangkatan kpengurusan FKO  yang baru, maka dilanjutkanlah dengan pembacaan ikrar oleh Kepala Biro Pendidikan, Bapak Drs. Bakir Muzanni yang diikuti oleh semua pengurus FKO terpilih. Prosesi pembacaan ikrar kepengurusan berlangsung dengan kompak dan lancar tanpa adanya pengulangan ikrar. Ucapan kata “alhamdulillah” dari Kepala Biro Pendidikan mengakhiri proses pembacaan ikrar ini. Dilanjutkan dengan prosesi Sertijab (Serah Terima Jabatan) dengan ditanda tanganinya surat serah terima jabatan diantara 2 belah pihak dan disaksikan oleh Kepala Biro Pendidikan dan Pembina FKO.

Sambutan ketua FKO Devisioner adalah rentetan acara setelah pembacaan ikrar kepengurusan FKO terpilih. Dalam kesempatan ini, Saudari Afifah selaku ketua FKO Devisoner meyampaikan ucapan terimakasih kepada semua kalangan yang telah banyak membantu kesuksesan FKO periode 2016/2017 mengemban amanah.

“Saya ucapkan banyak banyak terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu terlaksanya kegiatan kegiatan FKO dimasa sebelumnya terutama kepada Bapak Pembina FKO dan kakak kakak NJ Trainer yang telah banyak membantu dan mendidik kami menjadi seorang organisator yang baik sehingga kami bisa seperti saat ini. Ini merupakan sebuah prestasi besar yang kami dapatkan dari kalian semua” ucap Afifah dengan sedikit menghayati suasana.

Dan tak lupa, dalam sambutannya, Afifah juga memberikan sedikit suntikan semangat kepada FKO terlantik, “Terus melangkah, terus berjuang dan terus maju demi kemajuan FKO dan Nurul Jadid tercinta kita ini”.

Sambutan Pengasuh dan ditutup dengan doa merupakan peghujung acara pelantikan ini. Sehingga sempurnalah acara pelantikan ini dengan hadirnya Guru Besar Nurul Jadid sekaligus Pengasuh Pondok Pesantren Nurul Jadid, KH. Moh. Zuhri Zaini.