Pesan KH Moh Zuhri Zaini Kepada Pengurus P4NJ

nuruljadid.net- Ada tiga kepengurusan yang ikut melaksanakan program di Ponpes Nurul Jadid. Dewan Pengasuh, Pengurus (Tandidz) dan P4NJ,” 

“Semua yang akan kita lakukan adalah khidmad untuk memberikan yang terbaik kepada umat. Kita bukan malaikat yang tidak punya kepentingan apapun,”

“Ada juga manusia yang tidak memberikan manfaat kepada sesama. Ada juga manusia yang seperti kalajengking, yang hanya menggigit. Dari itu, minimal kita bisa memberikan mafaat kepada orang lain,” 

“Memang bukan Malaikat. Tapi kita sebagai manusia mampu memberikan kepada manusia. Itu yang kita harapkan. Untuk ibadah kepada Allah dan berbuat baik dan manfaat untuk umat,” 

“Terima kepada pengurus yang sudah dilantik. Selamat dan terima kasih telah bersedia di tengah kesibukan yang luar biasa,” 

“Firasat saya, kepengurusan saat ini, akan memberikan yang terbaik kepada pesantren dan umat. Programnya cukup bagus. Jika punya kepedulian kepada pesantren yang telah mengambil manfaat, akan terus didoakan oleh pendiri dan dewan pengasuh,” 

“KH Zaini Mu’im berharap, santri yang sdh kembali ke masyarakat adalah milik umat. Walau secara psikologis, banyak yang tdk hanya mondok di Nurul Jadid. Tapi juga dari pondok lainnya,” 

“Jika kemandirian ekonomi umat terus dijalankan, kedepannya akan banyak generasi yang siap berjuang. Karena tanpa “fulus mamfus”. Kelak akan datang sebuah zaman, yang semuanya bersandar pada dhinar,”

“Yang harus diperkuat adalah kegiatan sosial dan kemandirian ekonomi. Karena ekonomi dibutuhkan oleh siapapun. Soal ekonomi bisa bekerjasama dengan siapapun. Tak harus melihat apa agamanya,” 


“Dalam urusan bisnis, soal haknya harus dikedepankan supaya bekerja secara profesional. Dari itu, kemadirian menjadi hal yang utama. Ekonomi itu selain sebagai penopang perjuangan, juga bisa menjadi alat komunikasi dengan berbagai pihak. Baik yang berbeda agama dan kelompok lainnya,”

“Jika kemandirian ekonomi itu yang mengembangkan santri, akan luar biasa. Sebenarnya santri sudah memulai. Tapi mungkin belum ada yang menekuni. Semoga dengan hadirnya pengurus P4NJ akan berhasil dalam hal kemandirian ekonomi,” 

“Kedepan, perlu membangun atau membuat jaringan antar teman (jaringan ekonomi), ada semacam pusat informasi segala hal. Nanti bisa menambah pengalaman dan jika sudah terbentuk jaringan, insyaallah akan baik kedepannya,” 

“Managemen dan jaringan yang baik, akan berjalan baik. Jika sudah ada modal, harus dikelola secara profesional. Jika usaha teman, kadang tidak profesional. Padahal bisnis punya prinsip sendiri. Berbeda dengan prinsip sosial,” 

“Jika sudah bisnis, sekalipun saudara sendiri, harus tetap dalam skala bisnis. Harus ada administrasinya yang harus profesional,” 

“Hal ini jelas tidak mudah. Karena orang yang sukses itu pasti akan mengalami kendala-kendala. Prosesnya yang harus dilihat, jangan melihat hasilnya atau suksesnya. Dalam ilmu Tasawuf juga demikian. Bukan suksesnya yang dilihat. Tapi prosesnya,” 

“Kepatuhan pada organiasi harus terus dilakukan. Karena hal itu sebuah bukti kepatuhan dan kedisiplinan. Atasan dan bawahan harus sama-sama patuh. Karena bukan memikirkan kepentingan sendiri,” 

Terima kasih atas kesediaannya dikukuhkan menjadi pengurus P4NJ Pusat. Mohon maaf apabila ada yang salah.(*)
Publisher       : Ponirin Mika
Tulisan ini diambil dari https://www.ruangaspirasi.net/
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

twelve − 4 =