Sekilas Tentang Wilayah Fatimatuz Zahro’

PROFIL SINGKAT WILAYAH FATIMATUZ ZAHRO’

PONDOK PESANTREN NURUL JADID

PAITON PROBOLINGGO

Pondok Pesantren Nurul Jadid terbagi menjadi empat Wilayah. Satu Wilayah pusat untuk santri putra dan tiga Wilayah untuk santri putri, yang terdiri dari Wilayah barat atau utara yang dikenal dengan Wilayah Az-Zainiyah, Wilayah timur yang dikenal dengan Wilayah Al-Hasyimiyah dan Wilayah selatan yang dikenal dengan Wilayah Fathimatuzzahro’. Pondok Pesantren Nurul Jadid Wilayah Fathimatuzzahro’ terletak di bagian paling selatan dari batas pesantren. Wilayah ini diasuh oleh Ibu Nyai Hj. Aisyah Zaini, putri ketiga pendiri Pondok Pesantren Nurul Jadid KH. Zaini Mun’im. Di bawah naungan dan asuhan beliau, Pondok Pesantren Nurul Jadid Wilayah Fathimatuzzahro’ yang awalnya hanya ditempati oleh beberapa santri dan hanya dibangun beberapa asrama kecil, berkembang pesat dan terus mengalami perkembangan yang cukup signifikan.

Pada tahun 2000, setelah pengasuh KH. Hasan Abdul Wafie, suami dari Ibu Nyai Hj. Aisyah Zaini wafat, beliau tetap gigih berjuang dan mendidik santri-santri yang sejak semula telah menuntut ilmu di Pondok Pesantren Nurul Jadid Wilayah Fathimatuzzahro’. Kepedulian, kegigihan dan perjuangan beliau ini dibuktikan dengan perubahan dan penambahan lokal asrama santri serta berbagai fasilitas yang menunjang terhadap keberlangsungan proses belajar mengajar santri.

Kondisi santri di Wilayah Fathimatuzzahro’ yang awalnya hanya ditempati oleh beberapa santri saja, kini mengalami perkembangan dan terus berkembang di setiap tahunnya. Selain karena tata ruang dan asrama santri yang didesain seindah mungkin, juga karena adanya taman-taman bunga disekitar halaman asrama di Wilayah Fathimatuzzahro’ ini, yang membuat para santri merasa nyaman dan betah berada di Pondok Pesantren Nurul Jadid ini. Penempatan bangunan-bangunan yang didesain semenarik mungkin serta perhatian pengasuh pada keindahan dan kebersihan lingkungan pesantren menjadikan proses belajar santri menjadi nyaman. Selain dikenal dengan pendidikan dan pembinaannya yang intensif, Pondok Pesantren Nurul Jadid Wilayah Fathimatuzzahro’ juga dikenal dengan keindahan dan kebersihan lingkungannya.

Sejalan dengan perkembangan zaman dan berkat komitmen pesantren dalam menjalankan visi tafaqquh fid diin, maka keberadaan pondok pesantren Nurul Jadid Wilayah Fathimatuzzahro’ dari tahun ke tahun semakin diminati oleh masyarakat, sehingga antara jumlah santri dan sarana-prasarana menjadi tidak seimbang. Oleh karenanya, perlu adanya kepedulian semua pihak agar pendidikan dan pengembangan potensi anak bangsa dapat diarahkan menuju terbentuknya insan kamil.

PENDIDIKAN DAN DAKWAH YANG DISELENGGARAKAN

  • Madrasah Dinyah Fathimatuzzahro’
  • Kajian Kitab-Kitab Kuning
  • Kelompok Studi Khusus Fathimatuzzaahro’(KSK FAZA)
  • Al-Fathimiyah (Lembaga Bahasa Arab)
  • Faza English Club (Lembaga Bahasa Inggris)

 

Klik disini untuk download file.pdf-nya

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply