Sekilas Tentang Wilayah Al Lathifiyah

PROFIL SINGKAT WILAYAH AL-LATHIFIYAH

PONDOK PESANTREN NURUL JADID

PAITON PROBOLINGGO

Sejarah berdirinya wilayah Al-Lathifiyah dimulai pada tahun 2012 tepatnya pada bulan Desember, Pada waktu itu KH.Moh.Romzi Al-Amiri Mannan, S.H., M.H.I (Pemangku wilayah) mewajibkan mahasantri Ma’had Aly putri berdomisili di wilayah Al-Lathifiyah yang pada saat itu masih  Bernama Wilayah Al-Amiri Putri. Pada waktu itu hanya sekitar 10 -15 orang yang merupakan berasal dari NTB, Tuban, Bondowoso, Jember, Kraksaan, paiton, bawean dan Bali. Baru setelah tahun 2013 Ny, Hj. Lathifah Wafie meresmikan nama Wilayah  Al-Amiri Putri menjadi wilayah yang seperti kita kenal pada saat ini, Wilayah Al-lathifiyah atau yang biasa kita sebut dengan gang J Putri.

 

Visi & Misi

Mencetak Kader Ulama’ yang memiliki wawasan luas serta skill yang mempuni yang bisa menjawab tantangan global

Misi

  1. Membina para Mahasantri dengan pola pembinaan yang   berorientasi terhadap kajian keislaman
  2. Mengembangkan bakat dan minat mahasantri yang berkaitan dengan dunia keulamaan
  3. Bersinergi dengan Ma’had Aly dalam menyelengarakan system pendidikan yang konfrehensif dengan menggabungkan tradisi perguruan Tinggi dengan Pesantren.

 

Keunggulan / fokus.

Wilayah Al-lathifiyah merupakan Wilayah khusus bagi Mahasantri Ma’had Aly,  I’dadiyah dan Tamhidiyah.  Ma’had Aly sendiri adalah Lembaga yang mengkaji ilmu agama  (kitab Kuning). Jadi Wilayah ini adalah tempat bagi Mahasisiwi yang mempunyai bakat, minat dan kemauaan  yang tinggi untuk mendalami Agama Islam khusunya kitab-kitab klasik dan kontemporer. Oleh karena itu, semua program Wilayah bersinergi & terpadu dengan Ma’had Aly. Yang perlu kalian ketahui di Wilayah Al-Lathifiyah ini, ada 3 tingkatan pengkajian kitab, yaitu: Tamhidiyah, i’dadiyah dan Ma’had aly itu sendiri.  Al-Lathifiyah juga mengembangkan kegiatan Ekstrakurikuler, seperti Khitobah setiap minggu sekali, Praktek Ibadah, majlis al-lughoh, Hadrah, senam sehat dll.

 

Alumni

Alumni Wilayah Al-Lathifiyah banyak mengisi pos-pos penting di Masyarakat mulai dari Pengusaha, Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Tokoh Masyarakat,  Pengasuh Pesantren, Da’i, hingga Dosen dll.

Klik disini untuk download file.pdf-nya

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply