Sekilas Tentang Wilayah Al Hasyimiyah

PROFIL SINGKAT WILAYAH AL-HASYIMIYAH

PONDOK PESANTREN NURUL JADID

PAITON PROBOLINGGO

Pondok Pesantren Nurul Jadid terbagi menjadi delapan wilayah. Satu wilayah pusat untuk santri putra dan tujuh wilayah khusus santri putri yang terdiri dari wilayah barat atau utara yang dikenal dengan wilayah Az-Zainiyah, wilayah timur dikenal dengan wilayah Al-Hasyimiyah dan wilayah selatan yang dikenal dengan wilayah Fatimatuz Zahro, Al-Mawaddah, Zaid bin Tsabit atau biasa dikenal dengan Gang K, dan Al-Lathifiyah serta wilayah utara khusus STIKES atau biasa disebut dengan An-Nafi’iyah .

Pondok Pesantren Nurul Jadid wilayah Al-Hasyimiyah terletak di bagian paling timur dari batas pesantren. Wilayah ini diasuh oleh Ibunda Nyai HJ. Masruroh Hasyim_ Istri dari putera pertama  pendiri Pondok Pesantren Nurul Jadid sakaligus pengasuh kedua, KH. Hasyim Zaini. Di bawah naungan dan asuhan beliaulah Pondok Pesantren Nurul Jadid Wilayah Al-Hasyimiyah yang awalnya hanya didomisili oleh beberapa santri dan hanya dibangun beberapa asrama kecil, berkembang pesat dan terus mengalami perkembangan yang cukup signifikan dengan jumlah santri pada saat ini  kurang lebih 1.595 santri.

KEGIATAN KEPESANTRENAN

Dalam Penanaman keimanan dan ketakwaan serta pengembangan keilmuan dan wawasan santri. Pondok Pesantren Nurul Jadid wilayah Al-Hasyimiyah senantiasa mengadakan kegiatan-kegiatan yang menunjang terhadap proses pengembangan santri.

Adapun kegiatan kepesantrenan yang dilaksanakan di Pondok Pesantren Nurul Jadid wilayah Al-Hasyimiyah ini meliputi dua kegiatan pokok, yaitu kegiatan yang mengarah pada pendidikan santri dan kegiatan yang mengarah pada pembinaan santri.

Pendidikan Santri

Wilayah al-Hasyimiyah sebagai bagian dari Pondok Pesantren Nurul Jadid yang menggunakan sistem pendidikan terpadu, antara pendidikan salaf dan pendidikan modern, menampung santri yang sedang menempuh studi di berbagai lembaga formal yang ada di bawah naungan Pondok Pesantren Nurul Jadid, Untuk mengoptimalkan potensi serta menfasilitasi berkembangnya bakat dan minat santri, maka wilayah al-Hasyimiyah mendirikan beberapa lembaga non formal sebagai berikut:

  1. Lembaga I’dadiyah, lembaga ini adalah lembaga awal khusus bagi santri baru untuk memperdalam Furudh al-Ainiyah dan penanaman karakter. Lembaga ini merupakan lembaga dasar yang wajib ditempuh selama satu tahun oleh semua santri baru yang belum menguasai Furudh al-Ainiyah.
  2. Lembaga Pengembangan Bahasa Asing (LPBA), lembaga ini berbasis kebahasaan yang terfokus pada pengembangan keterampilan berbahasa Arab dan Inggris.
  3. Lembaga Kajian Keislaman Al- Hasyimiyah (LSK), lembaga ini focus pada pengembangan ilmu keagamaan dan kajian kitab.
  4. Lembaga Pendidikan Al-Qur’an (LPQ) al-Hasyimiyah, lembaga ini fokus pada kegiatan Tahfidz (Hafalan) dan Tahsin al-Qiro’ah dan Madrasatul Qur’an (MQ).
  5. Madrasah Diniyah Al-Hasyimiyah, lembaga ini focus pada pendalaman ilmu keagamaan seperti ilmu tauhid, akhlaq, fiqh, ilmu alat, hadist dan lain sebagainya.

Pembinaan Santri

  1. Pembinaan Keagamaan : Pembinaan ini dilakukan oleh divisi ubudiyah yang meliputi shalat berjamaah, kegiatan keagamaan (pembacaan tahlil, istighatsah, burdah, barzanji dll), divisi Pembinaan Al-Qur’an, divisi kegiatan belajar meiputi pembinaan Furudl Al-‘ainiyah dan pengajian kitab yang dilaksanakan pada pagi dan sore hari
  2. Pembinaan Keilmuan dan Skill : Pembinaan ini dilaksanakan oleh divisi diklat dan keterampilan dengan memetakan santri sesuai bakat dan minatnya meliputi; kaligrafi, jurnalistik, tata boga, menjahit, seni qiro’ah, dll.
  3. Pembinaan Akhlak dan Mental : Pembinaan ini dilaksanakan oleh Bimbingan dan Konseling (BK) dengan membagi santri menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari 13 santri dalam masing-masing kelompok dengan satu pengurus yang di sebut dengan wali asuh. Wali asuh tersebut kemudian berperan sebagai ibu dalam hal pembinaan, khususnya pembinaan akhlak dan mental.

 

Klik disini untuk download file.pdf-nya

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply