Sekilas Tentang Wilayah Az Zainiyah

PROFIL SINGKAT WILAYAH AZ ZAINIYAH

PONDOK PESANTREN NURUL JADID

PAITON PROBOLINGGO

 

Pondok Pesantren Nurul Jadid terbagi menjadi tujuh wilayah. Satu wilayah pusat untuk santri putra,kemudian wilayah selatan yang meliputi al-Lathifiyah (santri putra dan putri fokus mengkaji ilmu fiqih), al-Mawaddah (santri putri),  Fathimatuzzahro’ (santri putri), gang K (santri putra dan putri), wilayah timur yang dikenal dengan wilayah Al-Hasyimiyah, dan wilayah barat atau utara yang dikenal dengan wilayah Az-Zainiyah untuk santri putri.

Wilayah Az-Zainiyah terletak di sebelah utara masjid jami’ Nurul Jadid dan menjadi batas utara pesantren. Wilayah Az-Zainiyah merupakan wilayah putri tertua diantara wilayah putri lain yang diasuh oleh beberapa pengasuh, diantaranya KH. Moh. Zuhri Zaini, BA. selaku pengasuh pondok pesantren Nurul Jadid, Ny. Hj. Bisyaroh Suhud, Ny. Hj. Zubaida Thoha, Ny. Hj. Nuri Firdausiyah, dan Ny. Hj. Sadidah Thoha. Di bawah naungan dan asuhan beliau, Pondok Pesantren Nurul Jadid wilayah Az-Zainiyah yang awalnya hanya ditempati oleh beberapa santri dan hanya dibangun beberapa asrama kecil akhirnya berkembang pesat dan terus mengalami perkembangan yang cukup signifikan.

Dengan semakin bertambahnya kuantitas santri maka tempat, sarana dan pembinaan yang diberikanpun terus mengejardan senantiasa memaksimalkan system pembinaan agar kualitas santri kian meningkat. Melihat kualitas pembinaan dan prestasi santri yang tak pernah pupus maka terbentuklah wilayah Az-Zainiyah yang semakin luas dan melebar seperti yang kita lihat saat ini.

Sejalan dengan perkembangan zaman dan berkat komitmen pesantren dalam menjalankan visi tafaqquh fid diin, maka keberadaan pondok pesantren Nurul Jadid wilayah Az-Zainiyah dari tahun ke tahun semakin berkembang, sehingga antara jumlah santri dan sarana-prasarana menjadi kurang seimbang. Oleh karenanya, perlu adanya kepedulian semua pihak agar pendidikan dan pengembangan potensi anak bangsa dapat diarahkan menuju terbentuknya insan kamil.

 

POLA PEMBINAAN SANTRI

Pembinaan yang diterapkan oleh kepengurusan wilayah Az-Zainiyah terhadap santri Nurul Jadid ialah dengan memberikan wali asuh kepada santri berdasarkan daerah yang ditempati. Setiap daerah ada struktural kepengurusan yang mengurusi segala rutinitas santri selama di Pondok Pesantren Nurul Jadid. Dari pengurus yang ada di daerah kemudian dikelompokkan sesuai dengan jumlah kamar di daerah yang ditempati sehingga setiap kamar memiliki ibu kamar yang bertanggung jawab terhadap aktifitas dan keadaan santri/anak asuhnya.

Dengan berpedoman kepada visi misi PP. Nurul Jadid, maka perlu diadakannya kegiatan yang bisa mengantarkan santri kepada tujuan diadakannya Pesantren ini. Beberapa kegiatan yang wajib diikuti oleh santri wilayah Az-Zainiyah meliputi pembinaan al-Qur’an, kajian Furudlul ‘Ainiyah, kajian kitab, dan pembinaan akhlaq. Dalam pembinaan al-Qur’an, wilayah Az-Zainiyah menerapkan sistem belajar yang sistematis, sekiranya sesuai dan bisa diikuti oleh santri dalam usaha peningkatan kefashihan membaca dan pemahaman al-Qur’an. Santri di setiap kamar akan dibagi menjadi beberapa kelompok untuk diasuh oleh ibu asuh masing-masing yang dilaksanakan setiap ba’da jama’ah subuh. Kelancaran membaca al-Qur’an santri juga dibantu dengan metode talqin yang dilakukan setiap hari ba’da jama’ah sholat maghrib. Untuk pendalaman kajian kitab kuning, santri diwajibkan ikut pengajian kitab yang diasuh oleh pengasuh PP. Nurul Jadid dengan menggunakan metodewathon (memberi arti pada kitab kuning melalui dikte) di setiap pagi dan sore hari. Contoh lain dari proses belajar yang diberikan kepada santri adalah mereka mendapat tambahan wawasan dari beberapa kegiatan yang telah terealisasi dalam program kerja umum dan khusus wilayah Az-Zainiyah, seperti khitobah umum  yang dilaksanakan setiap bulan, kemudian Klip-Az yang dilakukan setiap satu tahun satu kali dengan bermacam-macam lomba yang diikuti oleh semua daerah di wilayah Az-Zainiyah, dan lain-lain. Selain itu juga dilakukan suatu pendekatan komunikasi melalui lisan maupun teladan tindakan dalam rangka pembinaan akhlaqul karimah bagi santri Az-Zainiyah Nurul Jadid.

Klik disini untuk download file.pdf-nya

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply